Rabu, 21 Juni 2017

7 jenis kursi tamu yang wajib kamu ketahui


Memilih kursi tamu ternyata adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Yang sulit terutama adalah dalam menentukan pilihan. Kalau mencarinya sih gampang, karena sekarang sudah banyak situs yang menjual kursi tamu secara online.

Kamu pun akan terkejut kalau menyadari, ternyata ada beberapa jenis kursi yang bisa dijumpai di pasaran. Tentunya, tidak semua jenis kursi tersebut cocok untuk ditempatkan di ruang tamu. 

Kalau kamu tengah mencari kursi tamu dengan tingkat kenyamanan tinggi, setidaknya ada beberapa jenis yang bisa dipertimbangkan. Nah, sebagai bahan referensi kamu, berikut kami hadirkan ulasan jenis-jenis kursi tamu yakni:

1.    Clubchair


Kursi tamu yang satu ini menawarkan tingkat kenyamanan tinggi kepada siapapun yang mendudukinya. Kursi ini didesain dengan dudukan yang cukup dalam. Tidak heran kalau kamu bakal betah menghabiskan waktu duduk di kursi ini, sembari membaca buku atau sekadar bersantai. 

Kursi jenis ini juga biasanya dipakai untuk sarana pendamping sofa di ruang tamu. Apalagi, kursi tamu ini biasanya memiliki penampilan luar yang menarik perhatian. 

Terdapat beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk melapisi kursi jenis clubchair, di antaranya adalah kain beledu, kulit sintetis, kulit sapi, dan kambing. 

Clubchair juga dikenal sebagai kursi dengan desain yang klasik dan pertama kali muncul di negara Prancis di awal abad ke-20. Menariknya, meski telah digunakan sangat lama, kursi jenis ini masih tetap disukai. Terutama karena kursi tamu ini memiliki kesan mewah dan tetap memberikan kenyamanan.

2.    Slipperchair


Berbeda dengan clubchair, slipperchair tidak dilengkapi dengan sandaran tangan. Ciri lainnya dari sebuah slipperchair adalah penggunaan lapisan berupa kain, tempat dudukan yang rendah, serta memiliki sandaran tinggi. 

Kursi tamu jenis ini memiliki tingkat kenyamanan yang tidak kalah dengan jenis kursi lain. Terutama kalau digunakan untuk orang dengan ukuran badan yang pendek. Hanya saja, kursi ini akan terlihat aneh kalau tengah diduduki oleh mereka yang memiliki tubuh tinggi. 

Biasanya, kursi ini dipilih untuk ruang tamu dengan ukuran yang terbatas. Kursi ini pun bakal padu padan kalau dikombinasikan dengan sebuah meja kecil. Selain berfungsi sebagai kursi tamu, slipperchair ini juga cocok kalau ditaruh di ruangan lain, seperti ruang keluarga ataupun ruang makan.

3.    Occasionalchair


Sesuai dengan namanya, jenis kursi yang satu ini bisa digunakan sewaktu-waktu, sehingga mudah dipindah-pindah. Keutamaan dari occasionalchair ini ada pada desain tanpa sandaran tangan serta bobotnya yang ringan. Dengan begitu, kamu pun bisa memindahkan kursi ini dengan mudah dari satu ruangan ke ruangan lain.

4.    Wingbackchair


Ciri utama adalah desain mencolok dan nyaman diduduki. Sesuai dengan namanya, kursi ini memiliki sandaran bersayap pada kedua sisinya. Kedua sayap tersebut pun punya fungsi untuk menjamin kenyamanan saat duduk, terutama untuk menyangga bagian kepala dan punggung.
Wingbackchair ini juga termasuk kursi klasik, yaitu muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1600-an. Desainnya pun tidak pernah mengalami perubahan. Hanya saja, ada variasi pada desain sayapnya, terutama pada ukuran, kedalaman, serta bentuk sayap.  

Kursi jenis ini biasanya ditempatkan tidak jauh dari perapian. Desainnya pun cukup mendukung untuk mencari tempat yang hangat. Apalagi saat musim hujan, duduk bersantai di kursi ini akan terasa sangat nyaman. Selain itu, wingbackchair ini juga menjadi pelengkap yang pas kalau dipadukan dengan sebuah sofa.

5.    Bergère


Kursi ini muncul pertama kali di negara Prancis pada rentang antara tahun 1715-1723. Ciri khasnya ada pada sandaran tangan yang terbuat dari kayu tanpa dilapisi apa pun. Bahan bakunya pun beragam, bisa memakai kayu mahoni ataupun kayu pohon kenari. 

Keutamaan kursi tamu jenis ini adalah desainnya yang mewah. Tidak heran kalau Bergère kerap menjadi pilihan untuk ruangan yang dipakai menerima tamu formal. Biasanya, kursi ini dipadukan dengan desain ruangan kontemporer serta sofa rendah tanpa sandaran atau sofa ottoman.

6.    Chair and a half


Selanjutnya adalah kursi jenis chair and a half. Kursi ini memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis kursi tamu lain. Namun siapa sangka, kursi ini punya desain yang cocok kalau ditempatkan di ruangan yang berukuran terbatas.
Ukurannya yang besar pun membuat kursi ini terlihat mencolok dan bisa menjadi identitas utama ruangan tersebut. 

Selain itu, chair and a half juga memberikan kenyamanan kalau ditempatkan di ruang keluarga. Tempat duduk yang empuk menjadikan kursi ini sangat untuk berkumpul anggota keluarga. Menghabiskan waktu bersantai bersama, membaca buku, atau sekadar bermain-main dengan hewan peliharaan bisa menjadi aktivitas menyenangkan di kursi ini.

7.    Tubchair


Tubchair menjadi pilihan berikutnya kalau kamu ingin mendapatkan kursi tamu yang nyaman. Kursi ini memiliki ciri khas pada bentuknya yang melingkar. Selain itu, tubchair juga punya bentuk sandaran tangan terusan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kursi tamu lain. 

Kursi jenis ini kerap dipilih kalau ingin menghadirkan nuansa ruangan yang modern. Desain tubchair pun beragam. Kamu bisa menemukan kursi ini dengan balutan kain atau kalau ingin memperoleh kesan yang lebih mewah, dapat pula menemukan kursi berlapis kulit.

Nah, berbekal informasi tersebut, kamu pun sudah bisa menemukan jenis kursi tamu yang cocok untuk di rumah. Jika Anda masih ragu dalam memilih kursi yang tepat untuk ruangan Anda, silahkan kunjungi Dekoruma untuk menemukan jenis kursi yang tepat untuk rumah Anda.


Tagged in: macam macam kursi , macam macam kursi tamu , macam macam kursi sofa , macam macam kursi ruang tamu , macam macam kursi kayu , macam macam kursi kantor , macam macam model kursi besi , macam macam kursi roda dan harganya , macam macam desain kursi pelaminan , macam macam bentuk kursi roda , macam macam model sarung bantal kursi , macam macam kursi minimalis , macam macam kursi teras , macam desain kursi jati , macam macam kursi santai , macam macam bentuk kursi plastik , macam macam model kursi , macam macam bantal kursi , macam macam model kursi sofa , macam macam kursi tamu minimalis , macam macam bentuk kursi lipat , macam macam kursi sudut