Jumat, 14 Juli 2017

Terangkanlah!


51


Ruangan yang terang, selain membawa ambience yang ceria juga memberi kesan luas ruangan tersebut.
Banyak trik dapat membantu mencerahkan ruangan, seperti menggunakan warna, aksesori, dan cermin di sana-sini.
Jika merasa ruangan di rumah Anda sedikit gelap, beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan.


Serba Putih

Anda tak perlu mewarnai seluruh dinding rumah dengan warna putih. Dengan membuat aksen di beberapa bagian ruangan, cukup membuat interior terlihat lebih cerah.
Untuk mencegah ruangan berwarna putih terkesan monoton, Anda dapat memberi aksesori dengan karya seni, karpet, dan furnitur yang kaya warna atau pola.

Percikan Warna

Jika Anda tidak bisa mewarnai dinding serba putih, pertimbangkan memberi warna putih pada sisi dinding dengan aksen penutup dinding yang kaya warna. Kombinasi kaya warna dengan warna putih tidak hanya mencerahkan ruangan, tetapi juga memberi nuansa kontemporer.
Untuk efek yang lebih lembut, cat dinding dengan warna biru langit. Hal ini akan membawa niansa luar ke dalam rumah, sehingga pada malam hari pun Anda akan merasa seolah-olah berada di siang hari yang cerah.

Dinding Kelima

Jika Anda ingin membuat drama visual dalam ruangan, pertimbangkan menghias dinding kelima alias langit-langit. Menghias langit-langit ruang dengan lukisan atau wallpaper berpola besar akan membuat ruangan terasa ceria dan stylish.
Berikan warna putih pada bingkai langit-langit untuk menambah kesan kontras dan pasang lampu gantung (chandelier) untuk penerangan. Ruangan Anda pun akan berubah total.

Pajang Karya Seni

Karya seni adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan menjadi lebih cerah dan hidup. Semakin besar ukuran dan semakin berwarna karya seni tersebut akan semakin baik.
Anda juga dapat membuat efek dengan cermin—bisa digantung atau dibuat hiasan lain. Tidak hanya terlihat cantik, cermin juga memantulkan cahaya yang menambahkan kecerahan ruangan.

Tambahkan Cahaya

Membuat lapisan pencahayaan adalah kunci untuk menciptakan skema yang seimbang. Pertama, identifikasi pusat kegiatan di dalam ruangan dan letakkan pencahayaan utama di sana.
Selanjutnya, buat lapisan kedua sebagai aksen untuk menyinari daerah tertentu yang Anda anggap menarik, tanpa mengurangi daya tarik titik fokus. Lapisan ketiga cahaya dipergunakan sebagai cahaya ambient atau latar belakang ruangan.

Dimmer atau peredup lampu dapat Anda gunakan untuk mengatur suasana ruang, sekaligus menghemat energi. Dimmer juga membantu Anda membuat aneka kombinasi cahaya untuk beragam keperluan dan efek dekoratif untuk mencerahkan ruangan.