Selasa, 05 September 2017

Belajar Internet Marketing Bagi Pemula

Jika Anda merasa bosan dan perlu keluar dari pekerjaan yang tak menggaji Anda dengan layak, mengapa tak coba untuk membangun bisnis sendiri? Atau Anda ragu dengan tawaran bisnis yang mengharuskan berinvestasi dalam jumlah besar? Jika hal itu yang menjadi kendala Anda, maka Anda perlu membuka pikiran Anda! Alasan mengapa internet telah berkembang luas dan dapat masuk ke pelosok desa tak lain dan tak bukan adalah untuk memudahkan kelancaran bisnis! Pernah dengar internet marketing? Berikut ini akan dibahas bagaimana cara kerja dari internet marketing yang tak mengharuskan Anda menginvestasikan banyak biaya. 

Perkembangan internet yang begitu pesat seharusnya merupakan awal yang baik bagi bangsa Indonesia untuk lebih maju dan mapan dalam tingkat ekonomi yang meningkat.
Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Dengan hal ini, sebaiknya kita sebagai pengguna internet tidak lagi hanya sebatas seorang pengguna, menikmati karya orang lain, tapi kita harus menjadi seorang produsen dan menciptakan suatu produk yang bernilai.
Salah satu cara untuk memanfaatkan internet sebagai produktivitas adalah dengan internet marketing, kita menggunakan internet sebagai media pemasaran dan media untuk mendapatkan penghasilan. 
Pengertian internet marketing
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu internet marketing? Secara sederhana internet marketing adalah upaya dalam memasarkan produk dalam bentuk promosi yang memanfaatkan media digital.
Kegiatan pemasaran internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.
Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital.
Tahap-tahap internet marketing
Telah selesai dengan pemahaman tentang internet marketing, yang Anda butuhkan berikutnya adalah tahapan dalam menjalankan bisnis melalui platform digital, dikutip dari situs AnneAhira.com, berikut ini tahapan dalam pelaksanaan internet marketing:
  1. Tentukan tujuan. Dengan mengetahui tujuan kita dalam melakukan internet marketing, kita nantinya akan lebih mudah dalam menemukan tutorial internet marketing sesuai dengan tujuan kita.
  2. Pahamilah pasar yang pembaca targetkan. Apakah ada orang yang mencari barang tersebut di internet atau tidak. Jika ada langsung pelajari cara – cara pemasarannya.
  3. Seperti yang sudah kita ketahui, dalam setiap pemasaran pastinya dibutuhkan strategi untuk mengembangkan usaha yang kita jalani. Siapkan strategi yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan kita.
  4. Setelah strategi – strategi yang Anda buat telah disiapkan, selanjutnya adalah Anda dapat mulai melakukan marketing atau pemasaran produk Anda tersebut di internet.
  5. Evaluasi memang sangat diharuskan agar usaha kita berkembang dalam pemasaran lewat internet ini. Selagi Anda menjalankan pemasaran lewat internet, lakukanlah evaluasi dari toll yang sudah Anda jalankan;
Untuk tahap ketiga dan keempat, lakukanlah hal berikut, rencana sekali, action berkali – kali. Karena, dalam dunia usaha action lebih berharga daripada teori dan pemahaman mendalam.
Belajar strategi internet marketing
Content marketing

Strategi content marketing yang digunakan agar produk bisnis semakin laku, yakni strategi soft selling. Sudah tidak zamannya lagi melakukan promosi hard selling, kini zamannya soft selling dimana kita memengaruhi emosional pembeli agar ia terus terbujuk dan akhirnya membeli produk bisnis kita.
Pemilihan konten yang relevan dengan produk yang Anda pasarkan tentu akan lebih sedap dipandang. Jika Anda menjual produk rumah tangga, maka konten yang sesuai harus tetap berputar disekitar produk yang Anda jual.
Online store
Strategi internet marketing yang kedua adalah online store. Toko online yang diibaratkan seperti toko fisik yang memuat produk yang Anda jual, bedanya adalah online store memanfaatkan koneksi internet dan yang Anda jual hanya berupa gambar.
Anda bisa memanfaatkan online store versi gratis seperti blogger.com atau wordpress.com. Sedangkan untuk versi berbayar Anda dapat menggunakan hosting dan domain berbayar dengan platform yang bisa digunakan, seperti wordpress.org, drupal, woocommerce, dan sebagainya.
Keunggulan yang berbayar adalah bisnis kita terlihat lebih profesional dan kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis kita akan lebih meningkat.
Social media networking
Kita tentu sudah tak asing dengan berbagai sosial media, mulai dari facebook, twitter, instagram, Line, dan lain sebagainya. Dewasa ini sosial media tersebut tak hanya digunakan sebagai wadah dalam menunjukkan ekspresi kita, melainkan lebih jauh telah digunakan sebagai media untuk mempromosikan berbagai hal, termasuk barang jualan.
Untuk pemasaran di media sosial, kita tidak hanya bicara soal mengunggah foto, keterangan, dan harga produk, namun, kita juga harus membangun kepercayaan dan kedekatan dengan pengguna media sosial tersebut. Apabila sudah mulai banyak audiens atau fans, barulah kita mulai memasarkan bisnis.
So, disinilah peran penting content marketing. Kita akan menggunakannya untuk membujuk pengguna media sosial tertarik dengan akun kita, buatlah konten – konten yang bermanfaat untuk pengguna media sosial yang memiliki relevansi dengan produk bisnis kita.
SEO
SEO menjadi strategi yang paling populer serta paling disenangi, tentunya karena strategi ini tak memungut biaya sepeserpun alias gratis.
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazation. Dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari. Artinya, kita dituntut untuk berada di laman utama mesin pencari.
Semakin kecil angka peringkat suatu situs maka semakin tinggi pula kemungkinan akan terjadi transaksi atau orang – orang mengenal bisnis kita.
Jadi, optimalkan strategi SEO, karena 98% orang yang datang mengunjungi suatu situs adalah orang-orang yang memang membutuhkannya. Misalnya, orang yang ingin membeli obat jerawat, kata kunci yang ia cari adalah 'jual obat jerawat'.
Forum marketing
Sama halnya dengan media sosial, Anda pun bisa melakukan promosi melalui forum marketing. Gunakan content untuk menarik minat member, secara tidak langsung mereka juga akan mengenali bisnis Anda.
Salah satu forum jual-beli yang populer adalah FBJ Kaskus. Cukup dengan beberapa klik Anda sudah bisa berjualan di FBJ Kaskus. Tidak sampai disitu saja, Anda perlu keunikan dalam memasarkan bisnis dan membangun persahabatan yang bersifat persuasif agar bisnis Anda lebih mudah dikenal.
Iklan PPC (Paid Per Click)
Cara beriklan melalui iklan PPC, yakni dengan bergabung sebagai advertiser di beberapa perusahaan periklanan, seperti Google Adsense, Chitika, Bidvertiser, dsb.
Iklan kita akan muncul setiap orang mengklik kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang telah ditetapkan. 

Demikian saja pembahasan mengenai internet marketing, pembahasan lebih lengkapnya akan kami bahas pada artikel berikutnya.
Tak ada bisnis yang instant, semua membutuhkan proses dan jalannya masing-masing.