Selasa, 24 Oktober 2017

Masyarakat Jepara Wajib Bangga!

Ukiran menjadi denyut nadi serta nafas kehidupan bagi masyarakat Jepara, namun tahukah Anda bahwa ukiran Jepara telah berkembang pesat? Hal ini dapat dilihat dari selalu hadirnya ukiran khas Kota Jepara pada setiap furniture hasil produksi lokal. Bagai mendayung dua-tiga pulau terlampaui, jualan furniture sekaligus memperkenalkan ukiran khas Kota Jepara. Aneka produk furniture dengan ukiran antara lain adalah dipan, gebyok, kursi, meja, kusen pintu dan jendela, dan aneka furniture lainnya.



Produk ukiran dari Jepara memang sudah terkenal luas, tak hanya oleh masyarakat lokal, ukiran Jepara juga terkenal hingga ke mancanegara. Maka tak heran apabila orang awam mendengar kata Jepara dan langsung mengaitkannya dengan produk ukiran. Hal ini bukan tanpa alasan, apalagi di Indonesia bukan hanya Kota Jepara yang menghasilkan produk ukiran. Alasan pertama terkait populernya ukiran khas Jepara adalah motifnya yang mudah diingat serta fleksibel. Motif ukiran khas Jepara adalah Ujung Relung dengan cabang serta daun berbentuk kipas. Namun ketika kini masyarakat lebih mencintai furniture dengan tema minimalis, maka ukiran Jepara pun dibuat lebih sederhana dengan desain medianya.

Selain fleksibel, ukiran khas Jepara terkenal akan tampilannya yang seolah-olah hidup dan luwes. Teknik pewarnaan yang sempurna juga telah diakui oleh pecinta seni, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Alasan lainnya yang tak kalah penting adalah, andil dari pengrajin ukir itu sendiri. Konsumen mempercayakan furniture rumahnya pada pengrajin di Jepara karena telah mengenal dengan baik, bahwa pengrajin di Jepara berkomitmen untuk membuat furniture berkualitas dan tak mengecewakan konsumen. Tentunya bukan hal yang mudah, mengingat media yang digunakan adalah material keras seperti kayu. Menguasai teknik mengukir yang beraneka pun rasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Pada umumnya corak ukiran Jepara telah berkembang dan beradu dengan inovasi teranyar yang dilakukan oleh pengrajin ukir lokal. Tentunya apabila Anda adalah warga lokal asli Jepara Anda akan merasa sangat bangga bukan? Produk lokal yang bahkan dipandang sebelah mata oleh negara sendiri, nyatanya malah terkenal luas di negara orang!