Selasa, 12 September 2017

Inspirasi Desain Teras Rumah

Teras adalah bagian rumah yang penempatannya didepan, samping maupun belakang rumah. Teras tidak terbatas pada ruang, artinya teras terletak pada ruang terbuka yang memungkinkan tertimpa banyak sinar matahari. Di Indonesia sendiri, istilah teras banyak disebut sebagai beranda. Yaitu tempat yang memungkinkan kita untuk meletakkan satu atau dua furniture.



Teras rumah memegang peranan penting sebagai 'tempat transit' antara tamu dan sang pemilik rumah. Jika ruang tamu dirasa terlalu privat dan ingin obrolan santai yang mengalir, teras bisa jadi satu tempat yang memungkinkan terjadinya hal tersebut. Teras sebaiknya memiliki desain outdoor dengan pemandangan alam langsung, tidak hanya terbatas pada jarak pandang yang dibatasi oleh tembok maupun jendela.

Setiap hunian tentunya memiliki desain teras yang berbeda-beda, berikut ini akan disampaikan desain teras paling populer,

Rumah mewah



Rumah mewah tentunya memiliki area teras yang luas, hal ini bisa menjadi nilai plus karena teras yang terlalu sempit teras tak nyaman dan terkesan dipaksakan. Untuk itulah, jika jenis hunian rumah Anda adalah rumah mewah, ada baiknya Anda mulai menata teras yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Selain itu, teras juga berguna untuk mempercantik rumah Anda. Hal yang sebaiknya diperhatikan adalah pemilihan area teras itu sendiri, yang mana akan lebih baik apabila dapat digunakan pada pagi, siang, maupun malam hari. Artinya, area teras haruslah memiliki cukup sinar matahari dan tidak menerima terlalu banyak cahaya. Hal itu akan sangat berguna di siang hari. Teras yang menerima cahaya matahari terlalu banyak bisa menyebabkan furniture yang Anda tempatkan menjadi cepat rusak. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian antara desain interior rumah dengan pilihan furniture yang akan mengisi bagian teras. Pilihlah jenis warna dinding yang dapat menyatui dengan pilihan jenisfurniture Anda.

Rumah minimalis



Hunian minimalis memang didesain ‘pas’ tanpa adanya cukup ruang yang bisa digunakan sebagai teras, baik itu didepan maupun dibelakang rumah. Namun, bukan berarti Anda tak  bisa memiliki area teras yang sangat Anda impikan. Pilihlah jenis furniture teras berukuran kecil yang memang telah memiliki label ‘kursi teras’. Selain itu, Anda juga harus menghindari furnituredalam jumlah banyak. Artinya, pilihlah furniture sesuai kebutuhan, misalnya 2 kursi dan sebuah meja yang penempatannya menempel dengan salah satu sisi dinding.

Rumah sederhana

Terlepas dari dua jenis tipe hunian diatas, rumah sederhana berada diantara keduanya. Tipe rumah sederhana adalah sebuah hunian sedang yang memiliki area teras cukup luas. Artinya, Anda bisa menempatkan furniture dalam jumlah banyak diarea teras tanpa takut tampilan teras akan memiliki kesan terpaksa. Rumah sederhana adalah jenis hunian yang paling tepat untuk furnitureteras 4 kursi dan sebuah meja, karena luas teras yang memadai.

Sementara itu untuk pilihan desain teras yang paling populer adalah, teras batu alam minimalis, teras balkon, serta teras baja.

Teras batu alam



Jenis teras yang memanfaatkan batu-batuan alam sebagai alas dari taman didepan rumah yang juga difungsikan sebagai area teras. Batu-batu ini biasanya didesain sedemikian rupa sebagai pijakan menuju pintu utama. Disekeliling batu ini ditumbuhi rumput hijau yang bersih. Sehingga tampilan taman yang juga difungsikan sebagai teras ini akan sangat asri.


balkon adalah area samping rumah yang dapat difungsikan sebagai teras rumah. dengan luas yang cukup, Anda bisa menempatkan 2 kursi dansebuah meja di teras balkon. Sore hari, sembari menikmati hembusan semilir angin dan indahnya sunset, bercengkrama dengan keluarga jadi makin asyik.

Teras baja

Sebenarnya material baja hanya digunakan sebagai penyangga atap teras. Hal ini banyak dilakukan pemilik rumah yang tidak memiliki atap dibagian beranda, sehingga membutuhkan ruang lain yang digunakan sebagai teras. Penggunaan atap baja sebagai atap teras cukup efektif, karena material baja terkenal kuat dan mampu  bertahan lama.
Untuk memilih kursi teras yang baik, berikut ini tips-tipsnya:

-          Sesuaikan dengan luas teras

Perhatikan luasnya teras yang Anda miliki dirumah. Persoalan luas teras kadang disepelekan karena tertarik dengan desainfurniture teras yang cantik. Jatuh hati pada desain furniture boleh saja, namun jangan sampai khilaf dan membuat area teras Anda jadi terkesan maksa.

-          Kursi teras



Pilihlah jenis furniture yang telah memiliki label kursi teras, karena hal itu akan banyak membantu Anda dalam memilih kursi teras yang sesuai. Perhatikan juga desain  dari kursi teras yang hendak Anda beli.

-          Material kursi teras

kursi teras yang baik adalah kursi terasyang memiliki mateial kayu jati solid. Yakni kayu jati yang sudah berumur lebih dari 20 tahun, dan pastikan bahwa kayu tersebut kering, karena akan berpengaruh pada usia furniture.