Jumat, 17 November 2017

Intip Rahasia Pembuatan Furniture Asli Jepara

Cara Membuat Furniture Dari Kayu

Tentunya Anda sudah tak asing dengan furniture yang terbuat dari kayu bukan? Namun tahukah Anda bahwa untuk membuat sebuah furniture saja membutuhkan waktu yang lumayan lama? Dimulai dari pemilihan batang kayu yang sudah tua, sampai proses finishing membutuhkan waktu rata-rata 7 hari dengan kondisi cuaca yang bagus, yakni panas terik. Furniture paling bagus dibuat menggunakan kayu kering, bisa menggunakan kayu jati, mahoni, atau kayu nangka. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan kondisi dan harga pasaran kayu. Kayu jati menempati urutan pertama berdasar kualitas dan nilai estetik serat kayu, diikuti oleh mahoni, sonokeling, dan kayu-kayu lainnya dalam rentang usia yang sama.



Perbedaan penggunaan kayu juga mempengaruhi hasil jadi suatu furniture. Misalnya pengrajin mebel menggunakan kayu tipe A yang kering dan kayu tipe A yang basah (setengah kering). Tentu saja hasil jadi keduanya berbeda. Kayu tipe A kering cenderung memiliki tampilan yang meyakinkan, bila dibuat dengan konstruksi yang mantap bisa bertahan bertahun-tahun. Berbeda dengan kayu tipe A yang masih setengah kering, seperti dipaksakan, tampilan dari furniture yang dibuat dengan kayu A setengah kering bakal tak meyakinkan dan memiliki usia 'hidup' lebih pendek.

Proses pembuatan furniture dimulai dengan memilih bahan berkualitas dengan usia sesuai yang telah ditetapkan standar dunia. Apalagi jika Anda hendak melakukan export furniture, penting untuk memilih bahan baku berkualitas dengan standar yang telah ditetapkan. Usia minimal suatu pohon boleh ditebang adalah 20 tahun dengan diameter batang mencapai 30cm lebih. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tampilan serat, dan pori-pori kayu. Kayu yang berkualitas memiliki ciri serat yang rapi dan indah, serta pori-pori yang rapat. Hal ini hanya bisa disaksikan apabila kita membelah batang kayu.



Lanjut pada tahapan berikutnya, Anda perlu membawa log kayu tersebut pada tempat pemotongan kayu. Disana, log kayu yang sudah dipilih sesuai kriteria bakal dipotong menggunakan alat bernama 'Sawmill'. Pemotongan harus dilakukan oleh pekerja yang sudah berpengalaman, karena kayu berkualitas tidak boleh menghasilkan banyak limbah (bisa rugi kalo salah potong :))

Proses ketiga yang tak kalah penting adalah, pengeringan. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa kayu setengah kering berpotensi merusak 'masa depan' furniture. Selain itu, penggunaan kayu setengah kering juga mempercepat proses pemuaian dan membuat furniture cepat rusak. Proses pengeringan bisa dilakukan dengan bantuan mesin atau memanfaatkan sinar matahari. Secara manual (memanfaatkan sinar matahari) Anda perlu waktu sekitar satu minggu untuk membuatnya kering, sementara jika menggunakan bantuan panas pembakaran bisa lebih cepat. Pengrajin mebel besar tentunya wajib memiliki area pengeringan berukuran besar.

Pada tahapan selanjutnya yakni produksi, akan dilakukan mal desain (menggambar desain furniture pada potongan kayu keing), pemotongan kayu sesuai desain, konstruksi, pengamplasan, hingga yang paling akhir finishing. Proses finishing boleh dilakukan sebelum konstruksi pada beberapa funriture seperti furniture knock-down. Dalam proses finishing sendiri banyak pengrajin menggunakan finishing melamine karena tampilannya yang indah serta telah sesuai dengan standar ekspor.

Hal yang terakhir dan tak kalah penting adalah, packing! Meski kelihatannya sepele namun packing boleh jadi menentukan karir Anda. Apalagi jika usaha mebel bergantung menggunakan akses internet alias online. Selain kualitas yang diutamakan, keamanan dalam proses packing juga penting. Karena jalur ekspedisi yang rentan terhadap hal sejenis gores dan guncangan, Anda perlu  mengemas furniture dengan kardus tebal, sebisa mungkin gunakan lapisan seperi busa yang tipis untuk mengurangi resiko tergores.



Itulah tadi langkah panjang dari sebuah kayu untuk furniture. Meski beberapa perusahaan memiliki standar yang berbeda dalam proses pembuatan furniture, namun penjelasan diatas yang paling umum dilakukan pengrajin mebel Jepara. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik bagikan ya gan..


CV. AULIA NAJAH membuat furniture rumah tangga berkualitas dengan harga ibu rumah tangga. Psssttt, ada diskon akhir tahun loh! Yuk segera order furniture berkualitas di website kami. Masih ragu? klik link alternatif berikut,

TOKOPEDIA
BUKALAPAK