Kamis, 02 November 2017

Jangan Tertipu! Begini Kriteria Membeli Furniture Antik Yang Baik Dan Benar


Furniture antik memang tak terbatas waktu, Anda tetap bisa memilikinya di era serba digital dan modern seperti sekarang ini. Konsekuensinya, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang lebih untuk mendapatkan furniture antik. Hal itu karena semakin tua usia furniture antik, maka harga yang ditawarkan pun akan semakin mahal. Furniture antik dengan kondisi baik bisa jadi memiliki harga dua kli atau bahkan tiga kali lipat lebih mahal dari furniture baru. Tentu saja karena furniture antik memiliki catatan sejarah yang panjang, serta memiliki nilai historis yang baik.



Memilih furniture antik yang benar tentu saja bukan perkara mudah, apalagi bagi Anda orang awam yang sekedar mencintai desain klasik antik. Berikut ini penjelasan singkat terkait tips memilih furniture antik yang baik dan benar,

- Material furniture
Syarat utama yang harus Anda ketahui adalah bahan pembuatan furniture antik, apakah berasal dari mahoni, sonokeling, atau kayu jati. Ketahui juga usia furniture, serta setidaknya sejarah singkat kepemilikan furniture tersebut. Apabila mebel antik yang Anda beli ternyata terbuat dari kayu jati, jangan senang dulu, karena meskipun telah terkenal awet dan memiliki tampilan fisik menggoda, Anda tak bisa menyepelekan syarat berikutnya.

- Kondisi furniture
Bukan hanya dilihat dari 2 dimensi berupa gambar atau foto, melainkan sebisa mungkin Anda melihat dengan mata kepala Anda sendiri, terkait konstruksi serta kondisi dari furniture yang hendak Anda beli. Furniture antik adalah furniture berusia lanjut, setidaknya memiliki usia 100 tahun lamanya, maka ketika Anda menemui cacat fisik menjadi hal yang seharusnya menjadi toleransi. Justru furniture antik yang masih mulus malah meimbulkan pertanyaan besar.

- Fungsionalitas Furniture
Sedini mungkin ketika Anda tertarik dengan sebuah furniture, tentukan juga kegunaan dari furniture tersebut. Apakah akan digunakan nilai fungsionalitasnya, atau hanya digunakan sebagai pajangan. Apabila furniture antik akan digunakan sebagaimana fungsinya, lebih baik berikan perhatian ekstra terkait kondisi futniture.

- Harga Jual
Terakhir, hal yang tak kalah penting adalah terkait harga jual dari furniture itu sendiri. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa furniture antik adalah furnitue yang pertama dibuat pada sekitar tahun 1900-an. Tentu saja dengan rentang waktu lebih dari 100 tahun, harga yang bakal ditawarkan oleh penjual akan naik sekitar 50-100% dari harga awal, bisa juga lebih mahal, tergantung desain furniture.

Beberapa tips terkait memilih furniture antik yang baik dan benar diatas semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda.


CV. AULIA NAJAH Menjual berbagai furniture rumah tangga siap pakai, selain itu Anda juga bisa order furniture custom dengan mengubungi kontak kami. Berikut ini link alternatif katalog kami,



TOKOPEDIA