Selasa, 12 Desember 2017

Karakteristik Kayu Jati Belanda

Kayu pinus atau oleh pengrajin mebel disebut sebagai kayu jati Belanda atau jati londo merupakan flora yang banyak  tumbuh di kawasan Benua Asia dan Amerika. Awalnya kayu jenis ini hanya digunakan sebagai kayu palet, peti kemas barang-barang impor negara di kawasan benua Eropa, itulah kenapa disebut sebagai kayu jati belanda. Meski tidak banyak tumbuh di Eropa, namun kayu pinus Jerman memiliki kualitas terbaik, sehingga banyak peminatnya. Kayu pinus Jerman diklaim paling cocok jika digunakan sebagai furniture (khusus furniture pinus). Hal ini karena kayu pinus asal Jerman sangat kering dan memiliki serat menonjol. Karena kelangkaannya maka kayu pinus Jerman memiliki harga yang mahal.Di Indonesia sendiri terdapat kayu pinus berkualitas yang banyak tumbuh di Sumatera, yaitu kayu pinus Merkusii.



Meskipun batang kayunya empuk, namun kayu pinus banyak dijadikan sebagai alternatif bahan pembuatan furniture konsumen dengan budget minim. Urat kayu yang terlihat, mata kayu yang cantik, serta tekstur yang halus serta harga yang relatif murah menjadi daya tarik dari kayu pinus. Karakteristik kayu pinus yang berwarna kuning memang mengurangi daya tarik bagi konsumen yang menyukai furniture gaya antik dan rustik. Namun untuk furniture minimalis modern, kayu pinus bisa jadi pilihan yang tepat. Meski tidak bakal bertahan selama kayu jati, setidaknya Anda bakal punya furniture dekorasi di dalam ruangan. Menarik bukan?

Kayu pinus dijual dalam bentuk papan, bukan balok per kubik seperti kayu lainnya. Hal ini dikarenakan banyak kayu pinus yang dijual berasal dari bongkaran kayu palet. Anda musti jeli dalam memilih kayu pinus, karena banyak yang memiliki bekas lubang paku. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan furniture, kayu pinus juga banyak dimanfaatkan dalam produk pembersih lantai maupun penyegar ruangan.

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari kayu pinus, berikut ini penjelasannya.
Kelebihan :
- Memiliki banderol harga yang murah, baik kayu maupun furniture yang terbuat dari kayu pinus
- Serat kayu berwana elegan dan eksotis
- Warna kayu yang natural memunculkan kesan hangat dana asri
Kekurangan :
- Kualitas kayu yang tidak terlalu baik
- Permukaan kayu sulit menyerap cairan finishing
- Hanya cocok dengan finishing warna natural clear, selain itu warna tidak akan merata dengan baik